Salah satu hal yang tidak diinginkan seseorang adalah kehilangan sesuatu, salah satunya adalah kehilangan kunci, baik itu kunci rumah, mobil, motor atau kantor. Hilangnya kunci berarti kita kehilangan akses ke dalam rumah atau kantor, tidak bisa menggunakan mobil/motor ke dan semisalnya. Dan terkadang bisa membuat pikiran menjadi kacau dan panik.

Dari banyak kejadian yang paling sering adalah pemilik kunci lalai dalam meletakkan kuncinya, walaupun ada faktor lain seperti pencurian. Berikut ini tips sederhana untuk menghindari kehilangan kunci.

1. Simpan Kunci Cadangan di Tempat Aman
Saat membeli mobil atau motor biasanya akan diberikan kunci lebih dari satu. Begitu juga dengan kunci lainnya seperti kunci pintu rumah, garasi dan lainnya. Biasakan untuk menyimpan kunci cadangan ini di tempat yang aman dan terpisah dari kunci yang sering digunakan. Supaya saat kunci utama hilang masih bisa menggunakan kunci cadangannya.

2. Buat Kunci Duplikat
Untuk antisipasi, buatlah kunci duplikat sebelum kunci asli hilang. Kalau kunci asli terlanjur hilang, hubungi ahli kunci yang bisa menduplikat kunci tanpa kunci asli.

3. Beri Gantungan Kunci
Terkadang kunci menyelip atau tertimpa tumpukan buku misalnya, namun karena panik terkadang menjadi sulit untuk mencarinya. Saat ini banyak dijual aneka macam gantungan kunci dari ukuran kecil sampai besar dengan berbagai macam bahan. Bahkan ada gantungan kunci canggih yang bisa dikoneksikan ke smartphone, ketika anda kehilangan kunci anda bisa melacak kunci tersebut melalui aplikasi yang ada di HP. Pilihlah gantungan kunci yang mudah untuk dilihat.

4. Jauhkan dari Anak-Anak
Anak-anak selalu tertarik dengan benda-benda baru, tidak terkecuali kunci. Jangan biarkan anak-anak bermain dengan kunci mobil atau motor karena bisa jadi suatu saat ketika asyik bermain mereka lupa meletakkan kuncinya. Simpanlah kunci di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak.

5. Biasakan Meletakkan Kunci di Satu Tempat
Sediakan tempat khusus untuk meletakkan kunci mobil/motor. Dengan membiasakan hal ini maka kejadian kehilangan kunci bisa diminimalisir, karena telah terbiasa meletakkan kunci di daerah tertentu.

6. Panggil Ahli Kunci
Jika anda mengalami kehilangan kunci dan tidak bisa menemukan kuncinya maka cara terakhir adalah menghubungi ahli kunci. Carilah ahli kunci yang berpengalaman, misalnya anda kehilangan kunci rumah maka carilah ahli kunci yang bisa membuat kunci rumah. Lainya halnya jika anda kehilangan kunci mobil maka anda harus mencari ahli kunci yang berpengalaman membuat kunci mobil. Karena tidak semua ahli kunci bisa melakukannya. Jika anda kehilangan kunci immobilizer maka anda harus mencari ahli kunci mobil yang ahli di bidangnya karena kunci immobilizer ini unik. Walaupun sudah dibuat duplikat kuncinya mirip seperti aslinya, tetap tidak akan bisa menyalakan mesin mobil karena pada kunci immobilizer terdapat sebuah chip yang terhubung dengan ECU di mesin. Jika kode pada chip tersebut tidak cocok maka mesin tidak bisa menyala.

Carilah ahli kunci mobil yang bisa membuat kunci duplikat mobil dan memprogram ulang immobilizer sehingga kunci anda yang baru bisa digunakan. Dan kunci mobil yang hilang tidak akan bisa digunakan lagi. Butuh ahli kunci di Semarang dan sekitarnya segera hubungi 0852-2707-0694

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *