Kunci immobilizer Mobil BMW E46 untuk e46 325i 323i 318i 330i 328i Baru

Mobil-mobil modern pada umumnya sudah dilengkapi dengan fitur pengaman yang canggih mulai dari alarm sampai anak kunci yang dilengkapi dengan teknologi tertentu. Salah satu teknologi yang paling umum kita temukan pada kunci mobil adalah sistem immobilizer.

Biasanya tidak hanya mobil, melainkan beberapa jenis motor terutama motor sport juga sudah dilengkapi dengan teknologi pengaman agar motor tersebut tidak mudah dicuri. Dengan menggunakan pengaman immobilizer, biasanya mobil tersebut tidak akan bisa distater apabila menggunakan kunci duplikat yang dibuat di sembarang tempat tanpa melibatkan teknologi immobilizer.

Walaupun kadang-kadang, kunci mobil bisa cocok saat dimasukkan ke lubang kunci dan bisa diputar ke posisi on, namun kunci yang tidak sesuai dengan chip program yang dimiliki oleh pengaman immobilizer akan membuat mobil lumpuh dan tidak bisa dihidupkan.

Biasanya, ketika kita membeli mobil yang dilengkapi dengan pengaman immobilizer, kita akan diberikan dua buah kunci. Kunci pertama tentu saja sebagai kunci master atau kunci utama. Kunci ini bisa di duplikasi dengan langsung mendatangi spesialis duplikat kunci mobil yang memiliki kemampuan menduplikat kunci immobilizer.

Harga duplikat kunci immobilizer tidak terlalu mahal. Tentu akan lebih mahal jika kunci tersebut hilang dan kemudian Anda terpaksa harus memanggil spesialis duplikat kunci immobilizer. Jadi, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan kunci terjadi, ada baiknya Anda menduplikat kunci yang ada terlebih dahulu.

Untuk menduplikat kunci, sangat dianjurkan mendatangi penyedia jasa yang profesional atau dengan langsung menduplikatnya di bengkel resmi dengan membawa kunci master.

Namun umumnya, bengkel resmi tidak punya mesin ulir untuk membuat kunci sehingga Anda akan tetap disarankan pergi ke spesialis kunci untuk menyamakan ulir kunci.

Setelah itu barulah dibawa kembali ke bengkel dan kemudian chipnya akan di program ulang menggunakan kunci master. Namun perlu diketahui, bahwa biasanya duplikat kunci tetap memiliki batas-batas tertentu. Seperti Toyota misalnya, biasanya hanya menyediakan 4 slot untuk duplikat kunci immobilizer.

Kunci master tetap harus digandakan karena apabila hilang, bisa jadi Anda terpaksa harus mengganti satu set antara kunci dan ECU, yaitu si program pengaman pada mobil yang sudah dikenali oleh anak kunci. Biaya untuk hidup tentu saja akan lebih besar dibandingkan jika Anda menduplikat kunci sebelum kunci master hilang.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *